Tips Mengatasi Kecanduan Gadget pada Anak | MAP

Don't miss out like us on Facebook!

Tips Mengatasi Kecanduan Gadget pada Anak

Pernahkah Anda ketinggalan smartphone saat ke tempat kerja atau bepergian keluar rumah? Sebagian orang mungkin biasa saja, namun sebagian orang lagi merasa khawatir dengan hal ini. Bahkan kekhawatirannya ini melebihi ketinggalan dompet sekalipun. Anda termasuk yang mana? Mungkin tips mengatasi kecanduan gadget berguna bagi Anda

Tidak salah memang, karena menurut sebuah survey, 8 dari 10 orang akan merasa panik dan menderita jika ketinggalan gadgetnya, bahkan mereka tak segan lho kembali ke rumahnya untuk mengambil gadget kesayangannya tersebut. Istilah panik yang berlebihan jika gadget ketinggalan biasa disebut dengan nomophobia (no-mobile phobia)

Nomophobia kini bukan hal yang aneh kan, karena ketergantuntgan akan gadget itu sendiri dan ini bisa terjadi oleh siapa saja. Padahal, sebenarnya tanpa gadget sekalipun kita tetap bisa hidup, tetap bisa bekerja dan tetap bisa berkomunikasi dengan cara yang lain.  

Uniknya lagi, hal ini bisa juga dialami oleh anak Anda. Bagi kita orang dewasa mungkin masih bisa mengontrolnya, tapi bagaimana dengan anak-anak? Jika sudah terlanjur terjadi, beberapa hal ini merupakan tips bagaimana mengatasi kecanduan gadget pada anak, semoga bermanfaat.

Sibukkan Anda dengan Kegiatan Ekstrakurikuler atau Les

Kegiata ekstrakurikuler di sekolah atau les tentu akan mengambil sebagian waktu anak dengan kegiatan di sekolahnya. Kegiatan ekstrakurikuler atau les di tempat lain juga akan melatih anak bersosialisasi dengan orang lain. Jangan lupa, ada baiknya Anda menanyakan terlebih dahulu minat anak dan jangan terlalu memaksakan.

Mengetahui Minat dan Mengembangkan Bakat

Tunjukkan bahwa Anda adalah orang tua yang peduli dengan minat dan bakat anak. Seorang anak akan bahagia jika orang tuanya menganggap jika hal ini adalah hal yang penting. Fasilitasi bakatnya hingga menjadi ahli. Ini sama saja fungsinya dengan point pertama, yakni mengurangi waktu luang anak yang cenderung digunakan dengan memainkan gadgetnya dengan hal yang lebih bermanfaat.

Lakukan Pembatasan Waktu dan Konten Gadget

Sebagai orang tua sudah layaknya memberlakukan aturan kepada anak-anaknya, termasuk dalam hal pemakaian gadget sekalipun. Sah-sah saja jika Anda hanya memperbolehkan pemakaian gadget sesudah dia belajar atau saat weekend saja. Pembatasan perlu dilakukan dalam hal konten aplikasi dan game pada gadgetnya, pastikan Anda selalu memeriksa dan memonitoring aplikasi dan game apa saja yang ada dalam gadget, jangan sampai ada hal-hal yang belum saatnya diakses justru dimainkan oleh anak.

Tidak Memberikan Gaget pada Anak yang Masih Terlalu Kecil

Cara terbaik agar anak tidak kecanduan gadget adalah dengan tidak memberikan gadget itu sendiri pada saat usia mereka yang dianggap terlalu kecil. Orang tua tentu bisa menentukan sendiri mana waktu yang baik dan pas untuk memberikan anaknya gadget.

Dan jangan lupa untuk selalu memberikan konten aplikasi dan game terbaik untuk anak, aplikasi game yang bukan membuat addict alias kecanduan, tapi lebih ke aplikasi game yang bermanfaat baginya, yang mengedukasi mereka dan menambah kecintaannya terhadap keluarga, agama dan ilmunya, seperti pada Learn Islam yang menumbuhkan kekretivitasan anak. 

MAP juga selalu berkomitmen membuat aplikasi game yang bermanfaat untuk anak-anak, sekarang bisa didownload di Google Play dan iTunes.

Komentar